Select Page
hero-image

Strategy Sustainability

Membangun dunia yang lebih baik melalui
strategi keberlanjutan yang inovatif

Pembiayaan yang Bertanggung Jawab
image

Keberlanjutan bisnis atau ekonomi merupakan salah satu pilar penting dalam kerangka dan strategi Keuangan Berkelanjutan Perusahaan yang telah dituangkan ke dalam Rencana Bisnis Tahunan (RBT) dan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB). Rencana tersebut disusun berdasarkan evaluasi atas kondisi perekonomian Indonesia Tahun 2022 dan diprediksi dari berbagai lembaga nasional dan internasional terhadap perekonomian Tahun 2023 yang bernada optimistis.

Fokus strategi Perusahaan pada Tahun 2023 diantaranya sebagai berikut:

  • Memperbaiki kualitas pembiayaan akibat pandemi COVID-19,
  • Menjaga penyaluran pembiayaan baru secara selektif dan menerapkan prinsip kehati-hatian (prudent) terhadap sektor ekonomi,
  • Menjalankan strategi pengendalian biaya operasional,
  • Memperkuat Likuiditas Perusahaan,
  • Pengembangan dan Penguatan Organisasi Perusahaan,
  • Pengembangan Digitalisasi

Sebagai bagian dari lembaga jasa keuangan yang beroperasi di Indonesia, MUF menyadari pentingnya peran lembaga jasa keuangan dalam menyelenggarakan program pembiayaan atau investasi pada instrumen atau proyek yang sejalan dengan kegiatan berkelanjutan. Kriteria program pembiayaan atau investasi yang sejalan dengan kegiatan berkelanjutan adalah sebagai berikut:

  • Pembiayaan atas produk/proyek/investasi yang mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan,
  • Pembiayaan atas produk/proyek/investasi yang mampu mencegah/membatasi/mengurangi/ memperbaiki kerusakan lingkungan hidup, peningkatan polusi, limbah, kerusakan ekosistem, dan ketidakadilan/kesenjangan sosial, 
  • Pembiayaan yang memberikan solusi bagi masyarakat yang menghadapi dampak perubahan iklim.

Kualitas Layanan & Kepercayaan Debitur

Sesuai dengan visi MUF, “ To be the most reputable Company in offering innovative financing solutions and enabling value creation for our ecosystem through digitalization” (MUF didirikan untuk menjadi perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi terbaik melalui penyediaan solusi pembiayaan yang inovatif serta mewujudkan penciptaan nilai bagi ekosistem industri pembiayaan melalui pengembangan digitalisasi), dan sangat menjunjung pelayanan yang adil dan setara kepada seluruh debiturnya, sehingga diharapkan dapat memberi kepuasan dan kemudahan kepada debitur, serta memberikan solusi pembiayaan yang diperlukan debitur.

image

Menjaga Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan Nasabah

Mandiri Utama Finance berkomitmen untuk menempatkan aspek nasabah serta produk dan layanan jasa sebagai hal terpenting dalam bisnis yang dijalankan. Kesetaraan menjadi hal penting, yang diwujudkan melalui survei kepuasan nasabah. Tak hanya itu, kerahasiaan data pelanggan juga menjadi perhatian penting Mandiri Utama Finance. Untuk mewujudkan hal tersebut, pelatihan secara berkelanjutan selalu diberikan kepada karyawan frontliner agar dapat memberikan layanan maksimal.

Keterjangkauan Akses Perbankan

Dalam rangka peningkatan akses dan keterjangkauan solusi pembiayaan bagi seluruh debitur, digitalisasi dengan diliengkapai sistem keamanan data yang andal, menjadi salah satu strategi MUF untuk mempermudah debitur mendapatkan akses di mana pun dan kapan pun. MUF menerapkan standar ISO 27001 untuk memastikan keamanan data terjaga. Selain itu MUF terus memperluas jaringan layanan solusi pembiayaan dengan cara yang inklusif, adil, dan menghormati setiap debitur.