Select Page
hero-image

Strategy Sustainability

Membangun dunia yang lebih baik melalui
strategi keberlanjutan yang inovatif

Layanan Setara untuk Nasabah
image

Nasabah merupakan salah satu pemangku kepentingan utama bagi Mandiri Utama Finance. Keberadaan mereka turut berperan besar dalam keberlangsungan dan keberlanjutan perusahaan.
Jumlah nasabah yang terus bertumbuh niscaya akan menjadi penopang tumbuh dan berkembangnya Mandiri Utama Finance, begitu pula sebaliknya. Posisi nasabah yang begitu sentral mendorong Perusahaan untuk memberikan layanan produk dan jasa terbaik guna meningkatkan kepercayaan dan mengoptimalkan kepuasan mereka.  

Salah satu kunci untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabah adalah Mandiri Utama Finance memperlakukan mereka secara setara, tanpa membeda-bedakan berdasarkan suku, agama, ras, warna kulit, pandangan politik, dan sebagainya. Kesetaraan juga diberikan kepada  nasabah berkebutuhan khusus, termasuk mereka yang mengalami disabilitas.

Implementasi kesetaraan dalam pelayanan merupakan komitmen Mandiri Utama Finance dalam menyelenggarakan tata kelola perusahaan yang baik, sekaligus ketaatan terhadap Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 7, huruf c, “memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.” Dalam penjelasan pasal tersebut disebutkan, “Pelaku usaha dilarang membeda-bedakan konsumen dalam memberikan pelayanan. Pelaku usaha dilarang membeda-bedakan mutu pelayanan kepada konsumen.

Regulasi yang lain, yaitu SEOJK No. 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada pelaku Jasa Keuangan, Pasal 15 ayat 1 terdapat klausul “Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib memberikan akses yang setara kepada setiap konsumen sesuai klasifikasi konsumen atas produk dan/atau layanan Pelaku Usaha Jasa Keuangan.” 

Lingkungan dan Perubahan Iklim

Permasalahan lingkungan saat ini telah menjadi perhatian serius bagi dunia, dampak perubahan iklim dan peningkatan suhu global (global warming) telah memunculkan kekhawatiran terhadap timbulnya bencana alam, seperti banjir, badai, cuaca yang tidak menentu, dan dampak iklim lainnya yang dapat dapat mengganggu kehidupan seluruh dunia.  Perubahan iklim yang terjadi, secara langsung dan tidak langsung memberikan dampak pada seluruh industry, termasuk industri pembiayaan .

Aktivitas operasional usaha industri pembiayaan walau secara langsung tidak berdampak kepada kelestarian lingkungan, tetapi, sebaliknya, industri keuangan dapat menggunakan pengaruhnya untuk mendorong transisi menuju dunia yang lebih ramah lingkungan  melalui kebijakan penyediaan jasa pembiayaan yang pro lingkungan dan memberikan komitmen dukungan terhadap upaya-upaya penggunaan energi bersih.

image

Komitmen Terhadap Lingkungan
Perseroan senantiasa mendukung penerapan Keuangan Berkelanjutan dengan melakukan penyesuaian sejumlah kebijakan agar selaras dengan penerapan aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST/ESG). Penyesuaian yang telah dilakukan antara lain adalah :
Melakukan pembauran pemberian kredit,  
Mendorong pembiayaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),


Pembaruan kebijakan yang berhubungan dengan pembiayaan (Kendaraan Bermotor Listrik Berbasai Baterai) KBLBB
Menerapkan operasional kantor yang ramah lingkungan dengan menerapkan prinsip pengelolaan yang baik terhadap penggunaan kertas, energi (listrik dan bahan bakar minyak), dan air.
Melaksanakan program hijau melalui penanaman pohon yang dilaksanakan bekerja sama dengan BMRI dan lembaga sosial.

image
Literasi dan Inklusi

Literasi Keuangan
Berdasarkan surat dengan nomor Skel.0121/BOD/MKT/MUF/VII/2023 tanggal 10 Juli 2023 perihal “Penyampaian Laporan Penyesuaian Rencana Literasi dan Inklusi Keuangan PT Mandiri Utama Finance (MUF) Tahun 2023”, maka Laporan Realisasi Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2023 ini telah disesuaikan dengan template kertas kerja pelaporan literasi dan inklusi keuangan sesuai dengan format POJK   Nomor 3 Tahun 2023.
Selama Tahun 2023 Perseroan telah melakukan 4 kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan, antara lain:

  • Edukasi Keuangan Tanpa Tatap Muka Melalui Media Sosial
  • Edukasi Keuangan Tanpa Tatap Muka Melalui Live Streaming Youtube
  • Edukasi Keuangan Tatap Muka
  • Pengembangan Sarana dan Prasarana yang Mendukung Literasi Keuangan

Inklusi Keuangan
Selama Tahun 2023, Perseroan melaksanakan 3 kegiatan inklusi keuangan, antara lain:

  • Pembukaan Jaringan Kantor
  • Penambahan Kerjasama dengan Dealer/Showroom dan Mitra MUFDana (Branchless)
  • Penyediaan Produk dan/atau Layanan