Pilih Laman

Perusahaan Multifinance : Pengertian dan Jenis-jenisnya

20 Oktober 2021

Perusahaan Multifinance

Masyarakat Indonesia kini semakin sering menggunakan jasa perusahaan multifinance untuk berbagai macam kebutuhan. Namun, tidak semua orang memahami apa sebenarnya perusahaan multifinance serta jenis-jenis jasanya.

Padahal, Anda harus betul-betul memahami apa itu multifinance sebelum menggunakan jasa pembiayaannya. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak salah langkah ketika hendak memproses pengajuan kredit lewat perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, melalui artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap pengertian perusahaan pembiayaan multiguna tersebut.

Definisi Perusahaan Multifinance

Multifinance artinya sebuah lembaga finansial yang menjual jasa di bidang peminjaman sejumlah dana kepada pelanggan agar dapat membeli barang atau jasa lainnya. Tentu saja,  perusahaan multifinance juga memiliki kontribusi tersendiri bagi pengembangan kredit untuk usaha kecil maupun menengah.

Menurut peraturan OJK No.29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, multifinance merupakan badan usaha yang menjual produk pembiayaan dengan tujuan pengadaan barang. Jadi, dari sini dapat Anda simpulkan bahwa multifinance berbeda dengan Bank.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena seluruh kegiatan pihak perusahaan pembiayaan tetap berada dalam pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Adapun perbedaan finance dan multifinance terletak pada cara keduanya memberikan modal atau dana.

Bank dapat memberikan modal dalam bentuk tunai. Sedangkan, perusahaan multifinance biasanya akan memberikan uang langsung kepada pihak penjual sebelum seller memberikan produk atau jasanya ke pelanggan.

Dengan cara ini, pelanggan selanjutnya akan meneruskan kegiatan utang piutang langsung dengan pihak perusahaan tersebut.

Perbedaan berikutnya, bank finance dapat menarik uang dana melalui simpanan dan tabungan milik nasabah.

Sementara, perusahaan multifinance tidak bisa melakukannya. Pasalnya, perusahaan ini hanya boleh menarik dana dari pinjaman saja.

Contoh

Umumnya, masyarakat akan menggunakan jasa multifinance ketika hendak membeli mobil atau sepeda motor. Terlebih lagi, harga kendaraan bermotor memang naik setiap tahun sehingga sering menyulitkan masyarakat dengan pendapatan yang terbatas.

Munculnya banyak perusahaan multifinance tentu mendatangkan solusi terbaik bagi setiap orang dalam memenuhi kebutuhan transportasinya. Salah satu contoh perusahaan Multifinance terkemuka adalah Mandiri Utama Finance (MUF) yang merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri.

Melalui produk pembiayaan kendaraan bermotor MUF Online Autoshow (MOAS), Anda dapat segera membeli kendaraan bermotor yang Anda inginkan. Prosesnya pun sangatlah mudah. Normalnya, pihak dealer lah yang akan bertanya kepada Anda mengenai opsi pembelian kendaraan yang Anda minati.

Jika Anda memilih untuk membeli kendaraan bermotor secara kredit, dealer akan langsung menghubungi Mandiri Utama Finance. Selanjutnya, perusahaan multifinance pun akan melakukan survey terlebih dahulu sebagai prosedur awal analisis dan scoring.

Setelah lolos dari tahap ini, MUF akan menyerahkan sejumlah dana untuk membeli kendaraan bermotor dengan nama Anda. Anda sebagai pembeli hanya perlu mempersiapkan uang muka sesuai dengan perjanjian yang Anda buat.

Cukup dengan itu saja, Anda pun bisa langsung membawa pulang kendaraan bermotor yang Anda inginkan. Namun, jangan lupa untuk melunasi hutang Anda kepada perusahaan dengan cara mencicil bunga dan pokoknya setiap bulan.

Jenis-jenis Perusahaan Multifinance

Faktanya, perusahaan multifinance yang berkembang di Indonesia tidak hanya melayani pembiayaan kendaraan bermotor saja. Berikut ini adalah jenis-jenis perusahaan multifinance yang perlu Anda ketahui :

  1. Multifinance untuk pembelian kendaraan bermotor
    Perusahaan pembiayaan ini menyediakan jasa peminjaman dana yang bertujuan agar masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembelian kendaraan bermotor. Anda dapat mengakses jasanya dengan mendatangi dealer mobil atau motor terkemuka.
  2. Multifinance untuk pembelian alat berat
    Usaha dengan skala menengah sering membutuhkan mesin dan alat berat untuk kelancaran produksinya. Perusahaan jenis ini melayani pinjaman dana khusus untuk usaha skala kecil dan menengah yang hendak mengembangkan usahanya.
  3. Multifinance untuk pembiayaan kebutuhan peralatan rumah tangga
    Anda punya kebutuhan peralatan rumah tangga yang tak kunjung terbeli? Beberapa perusahaan pembiayaan ini akan dengan senang hati membantu Anda memenuhi kebutuhan akan alat elektronik skala rumah tangga.

Kesimpulan

Perusahaan Multifinance menyumbang banyak manfaat dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Di era modern ini, Anda sudah dapat langsung membawa pulang barang kebutuhan hanya dengan memahami cara kerjanya.