Pilih Laman

Pinjaman Modal Usaha : Pengertian, Jenis dan Cara Mendapatkannya

10 November 2022

Dunia bisnis di Indonesia maju dengan pesat di tahun 2022 ini. Terlebih lagi, banyak dari masyarakat yang kini beralih menjadi entrepreneur dengan membuka usaha sendiri. Oleh karena itu, pinjaman modal usaha menjadi salah satu layanan finansial yang paling populer di Indonesia.

Apa itu Pinjaman Modal Usaha?

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu modal usaha.

Pengertian modal usaha adalah kumpulan aset usaha yang nantinya dapat Anda gunakan untuk menjalankan bisnis.

Selanjutnya, Anda dapat membagi modal usaha berdasarkan sumbernya menjadi 2 jenis yaitu:
1. Modal Internal
Modal internal berasal dari pendapatan usaha sendiri. Dalam artian, semua pendapatan dan aset yang ada dalam perusahaan dapat terhitung sebagai modal internal.

2. Modal Eksternal
Persis seperti namanya, modal jenis ini berasal dari luar bisnis atau usaha. Biasanya, modal eksternal dapat berasal dari pinjaman dari bank maupun penanaman modal yang berasal dari pemegang saham.
Pada dasarnya, sebuah usaha akan memilih menggunakan pinjaman modal usaha saat terbatasi oleh modal internal yang sedikit.

Jenis-jenis Pinjaman Modal Usaha
Pinjaman modal usaha dapat Anda peroleh dari bank maupun lembaga keuangan lainnya. Terlebih lagi, produk finansial ini kian diburu oleh UMKM dan startup yang menjamur di Indonesia.

Ada 2 jenis pinjaman modal usaha yang bisa Anda dapatkan, antara lain:
1. Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan
Pinjaman jenis ini terkesan sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu meninggalkan jaminan untuk mendapatkan dana usaha. Namun, pinjaman modal usaha tanpa jaminan bukan tidak memiliki kekurangan.

Terlebih lagi, pinjaman jenis ini biasanya memang menerapkan suku bunga yang cukup besar dan tenor pendek yang tidak fleksibel. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkannya dengan baik sebelum menggunakan pinjaman usaha jenis ini.

2. Pinjaman Modal Usaha dengan Jaminan
Anda dapat mengambil pinjaman modal usaha dengan jaminan di berbagai lembaga keuangan. Biasanya, mereka akan meminta Anda untuk memberi jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor maupun sertifikat rumah.

Lebih daripada itu, pinjaman jenis ini membuat lembaga keuangan merasa kredit akan berjalan lancar. Oleh sebab itu, Anda biasanya bisa mengajukan pinjaman dana dengan tenor yang lebih panjang serta suku bunga minimal.

Plafon pinjaman pun akan lebih besar daripada pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Jadi, pilihan kedua mungkin solusi terbaik bagi Anda yang sedang membutuhkan dana tunai untuk modal usaha.

Cara Memilih Penyedia Pinjaman Modal Usaha
Banyak usaha yang mungkin terpaksa berhenti di tengah jalan hanya karena proses pencairan dana yang lambat. Anda tentu tidak ingin mengalami hal ini. Oleh karena itu, Anda harus memilih lembaga keuangan yang dapat menyediakan pinjaman modal usaha dengan proses yang cepat dan mudah.

Jadi, sebelum mengajukan dana, ada baiknya Anda mencari tahu mana lembaga keuangan yang tepat. Biasanya, lembaga keuangan dengan layanan terbaik memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Punya syarat dokumen yang mudah
2. Mampu menjamin keamanan surat dan dokumen Anda
3. Menyediakan proses pencairan dana yang cepat
4. Memiliki suku bunga ringan
5. Menawarkan tenor yang panjang dan fleksibel

MUF DANANOW Pilihan Tepat untuk Pinjaman Modal Usaha

Merintis sebuah usaha tentu membutuhkan lebih dari sekadar ide-ide besar. Dalam artian, Anda membutuhkan pendanaan yang cukup untuk mewujudkan inovasi yang sudah berada di kepala.

Sebagai salah satu solusi pinjaman modal usaha UMKM, MUF DANANOW telah berhasil membantu banyak usaha untuk dapat berjalan dengan lancar.

Mengapa harus memilih MUF DANANOW?

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan pinjaman modal usaha Mandiri Utama Finance. Apa saja itu?
1. Jaminan Mudah
MUF DANANOW merupakan kredit multiguna yang menerima jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor. Lebih daripada itu, Anda bebas menjaminkan BPKB mobil maupun BPKB motor. Oleh karena itu, MUF DANANOW menjadi pilihan yang populer bagi masyarakat Indonesia yang sedang mencari pinjaman modal usaha bank.

2. Plafon yang Tinggi
Dengan jaminan berupa BPKB kendaraan roda empat, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp10.000.000.000. Sedangkan, BPKB motor memungkinkan Anda untuk meminjam hingga Rp50.000.000.

MUF DANANOW menawarkan plafon berdasarkan nilai jaminan Anda. Jadi, semakin tinggi harga taksiran jaminan maka semakin tinggi juga dana tunai yang akan Anda peroleh.

3. Proses Cepat
Bersama MUF, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mencairkan dana tunai. Anda bahkan dapat melakukan pengajuan dana lewat situs resmi MUF DANANOW. Dalam 1-2 hari kerja, Anda akan segera mendapatkan konfirmasi dan dana pun segera bisa Anda gunakan untuk membangun usaha.

4. Syarat yang Mudah
Selain menjaminkan BPKB Mobil atau Sepeda Motor, Anda mungkin perlu mempersiapkan beberapa dokumen pelengkap berikut ini:
a. Formulir aplikasi pinjaman KMG yang sudah Anda isi dengan lengkap sesuai dengan data diri pribadi
b. Salinan identitas diri berupa KTP atau KITAS
c. Fotocopy kartu NPWP atau fotocopy SPT Anda
d. Salinan kontrak kerja dari perusahaan tempat Anda bekerja
e. Fotocopy slip gaji maupun surat keterangan penghasilan
f. Salinan rekening koran atau buku tabungan Anda
g. Fotocopy kepemilikan aset kendaraan bermotor roda dua yang hendak Anda jaminkan

Menyiapkan dokumen yang lengkap akan membantu Anda mempercepat persetujuan pinjaman serta pencairan dana.

Pinjaman modal usaha telah menjadi kebutuhan utama bagi kelancaran bisnis UMKM maupun startup. Oleh karena itu, percayakan kebutuhan finansial Anda hanya pada Mandiri Utama Finance yang selalu memberikan solusi pembiayaan terbaik.