Pilih Laman

Pentingnya Memantau Transaksi

28 April 2020

Kamu sudah mengeluarkan uang cukup banyak untuk mendapatkan sebuah kendaraan impian. Karena itu penting untuk selalu memantau transaksinya. Amankan semua data-datanya.

Pertama-tama pilihlah tempat membayar angsuran yang aman. Tanyakan kepada perusahaan pembiayaan kamu di mana dapat membayar angsuran. Mintalah petunjuk tertulis. Lakukan pembayaran angsuran di situ.

Di saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) begini, lebih baik manfaatkan pembayaran secara online seperti melalui m-banking serta channel payment lainnya yang terdekat dari rumah.

Setiap membayar angsuran, jangan lupa meminta kuitansi atau bukti bayar yang resmi. Simpanlah baik-baik bersama dokumen perjanjian yang sudah kamu tangani.

Jika di kuitansi tidak tertera pembayaran kamu untuk angsuran yang keberapa, catatlah secara mandiri baik-baik. Kamu dapat juga menelepon contact center untuk menanyakan hal tersebut.

Jika terdapat ketidakcocokan, segeralah datang ke kantor perusahaan pembiayaan dengan membawa bukti pembayaran untuk melakukan pencocokan data. Lebih cepat, lebih baik. Jangan menunggu hingga pelunasan.

Penting untuk dihindari: jangan membayar angsuran kepada pihak atau orang yang tidak dapat memberikan bukti resmi (kuitansi berlogo perusahaan atau slip pembayaran yang dicetak dari mesin tertentu), sekalipun pihak atau orang tersebut mengaku petugas perusahaan pembiayaan. Demi kebaikan, jangan lupa pantau selalu transaksi kamu.