call
Pilih Laman

Pilih Kredit Mobil atau Kredit Motor?

10 Maret 2021

Ingin memiliki kendaraan impian? Mungkin kredit mobil maupun motor sedang menjadi pertimbanganmu saat ini. Jika memang demikian, maka kenali dulu apa saja kelebihan masing-masing dari kredit tersebut. Selanjutnya, kamu bisa memutuskan sendiri, kredit mana yang akan kamu manfaatkan.

Mau kredit mobil? Ini yang akan jadi pertimbangmu

Harga mobil jauh lebih besar daripada motor. Karena itulah, persiapkan dana yang cukup besar untuk pengajuan kredit yang satu ini. Salah satunya adalah dana untuk DP mobil. Umumnya besaran DP ini sekitar 20% dari harga mobil. Akan tetapi masing-masing perusahaan pembiayaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Hal lain yang perlu kamu tahu adalah bahwa harga mobil cenderung naik setiap tahunnya. Saat kamu menabung untuk mengumpulkan DP mobil, maka harga akan semakin naik di waktu berikutnya. Jadi, pintar-pintarlah mengendalikan pengeluaran jika DP mobil menjadi prioritasmu.

Benarkah jika kredit motor jauh lebih cocok untukmu?

Kredit motor merupakan alternatif bagi kamu yang ingin memiliki kendaraan impian. Seperti halnya mobil, kredit motor juga membutuhkan DP agar pelunasan bisa lebih cepat dan jumlah cicilan menjadi lebih ringan.

Kamu pasti paham bahwa harga motor jauh lebih murah dibandingkan mobil. Akan tetapi, fitur dan fasilitasnya pun tidak selengkap mobil. Kendaraan ini pun hanya bisa kamu gunakan untuk berboncengan dengan satu orang saja. Namun jika dirasa hal ini sudah cukup untuk kebutuhanmu, maka motor pun bisa jadi pilihan bijakmu.

Motor sendiri memiliki keunggulan berupa lebih praktis digunakan. Terutama di jalan-jalan ramai yang rawan macet, maka memakai motor bisa jadi alternatif.

Rekomendasi yang tepat bagimu, Apakah kredit motor ataukah mobil?

Salah satu cara menentukan pilihanmu adalah dengan melihat kebutuhanmu. Jika kamu memiliki keluarga kecil yang butuh kenyamanan dan keamanan berkendara, maka mobil adalah pilihan tepat.

Selain itu, kemampuan finansialmu juga penting jadi bahan acuan. Pasalnya, mobil memiliki biaya perawatan yang jauh lebih besar daripada motor.  Belum lagi dana untuk DP dan juga cicilan perbulannya adalah pertimbangan penting lainnya.

Tepat membeli kendaraan akan memudahkanmu dalam pembayaran cicilan. Jangan paksakan membeli kendaraan dengan harga yang jauh dari kemampuan finansia. Pasalnya, hal ini bisa membuatmu tidak lancar dalam pembayaran cicilan.

Ingat bahwa cicilan kredit adalah hal wajib yang harus dibayar dan telah menjadi tanggung jawabmu. Maka ambil keputusan bijak agar hari esokmu tetap tetap nyaman dalam beraktivitas tanpa ada kekhawatiran karena tunggakan angsuran kredit mobil maupun motor.