call
Pilih Laman

Pengajuan Kredit Mobil Ditolak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

10 April 2021

Ingin kredit mobil? Kamu bisa mengajukan kreditnya melalui perusahaan pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) . Namun, perlu kamu pahami dulu bahwa tidak semua pengajuan kredit dapat disetujui dengan cepat dan mudah.

Jika kamu ingin segera mendapatkan mobil impianmu, maka ketahui alasan kenapa kredit dapat ditolak. Selanjutnya, cari tahu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Catat! Inilah alasan kenapa pengajuan kredit mobilmu ditolak perusahaan pembiayaan.

Setiap perusahaan pembiayaan memiliki kebijakan berbeda agar kamu bisa lolos dalam pengajuan kredit mobil. Pada umumnya, inilah hal-hal yang membuat sebuah perusahaan pembiayaan mempertimbangkan kembali pengajuan kreditmu bahkan sampai menggagalkan pengajuan yang telah kamu lakukan :

  1. Namamu sudah terdaftar di blacklist Bank Indonesia

Banyak dari kamu belum paham bahwa Bank Indonesia memiliki tugas untuk mengawasi transaksi keuangan nasional. Mereka memiliki sistem yang otomatis bekerja saat kamu memakai fasilitas kredit di perusahaan pembiayaan pada umumnya.
Alhasil, jika kamu memiliki tagihan kartu kredit yang macet maupun tunggakan bank, maka kamu akan sulit mengajukan pinjaman.

  1. Kamu dianggap belum mampu dalam membayar

Analisa keuangan dilakukan perusahaan pembiayaan sebelum pengajuan kreditmu disetujui. Mereka akan menilai apakah keuanganmu sudah cukup mumpuni dalam membayar kredit di masa yang akan datang. Jika dirasa masih belum mampu secara finansial, maka bersiaplah jika pengajuan kreditmu akan ditolak.

  1. Persyaratan tidak lengkap saat pengajuan kredit

Jangan pernah meremahkan persyaratan yang diminta perusahaan pembiayaan dalam pengajuan kredit. Bisa jadi, kredit mobilmu ditolak lantaran kamu tidak memenuhi satu syarat saja. Tentunya kamu harus memaklumi karena mereka memiliki sistem tersendiri dimana kamu harus mentaatinya.

Lalu, bagaimana cara agar kredit mobilmu lolos?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan memiliki tunggakan kartu kredit maupun tunggakan setoran bulanan ke bank maupun instansi keuangan lainnya. Hindari kredit macet sebisa mungkin. Dalam hal ini #JagaNama menjadi hal penting yang harus kamu lakukan.

Yang kedua adalah lengkapi semua persyaratan dan kooperatiflah dalam semua prosesnya. Selanjutnya, siapkan uang muka atau DP dan semua dokumen pendukungnya. Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah ajukanlah kredit saat kamu sudah bisa mengatur finansial.

Dengan mengajukan kredit mobil di perusahaan pembiayaan, maka kamu memiliki tanggung jawab dalam membayarnya.