Pilih Laman

Kenali Hak Anda Sebagai Konsumen Jasa Keuangan

18 Juni 2020

Sebagai konsumen jasa keuangan, Anda memiliki hak yang tidak boleh dilanggar oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK). Salah satunya adalah berhak mengetahui informasi produk secara menyeluruh dan transparan.

Jadi atas hak tersebut, kamu tidak perlu ragu bertanya jika masih ada informasi yang ingin kamu ketahui. Sebagaimana pepatah mengatakan, malu bertanya bisa sesat di jalan. Malu bertanya, membuat minim pengetahuan Anda tentang kredit yang sedang berjalan. Gunakanlah dengan baik saat bertemu petugas perusahaan pembiayaan.

Beberapa contoh informasi yang perlu kamu pahami dan dapat ditanyakan kepada petugas pembiayaan antara lain:

  1. Berapakah jumlah pokok utang saya?
  2. Berapakah tingkat bunga efektif yang dikenakan?
  3. Berapa jumlah angsuran per bulan?
  4. Di mana saya dapat melakukan pembayaran angsuran?
  5. Berapa lama BPKB akan diberikan setelah utang saya lunas?
  6. Jika saya ingin bertanya, kemana saya harus menelepon? Jam operasinya dari jam berapa sampai dengan jam berapa?
  7. Dan juga informasi lainnya yang ingin kamu ketahui.

Perusahaan pembiayaan wajib untuk menjawab semua pertanyaan kamu secara transparan dan dengan itikad yang baik.

Selalu pilih perusahaan pembiayaan yang kredibel, terdaftar dan diawasi oleh OJK agar transaksi kamu selalu aman.