Pilih Laman

Catat! Inilah Pentingnya Menjaga History Transaksi

4 Mei 2020

History transaksi merupakan riwayat aktivitas transaksi yang bisa berbentuk rekening koran. Inilah salah satu persyaratan yang diberikan oleh beberapa pengajuan kredit, termasuk kredit  mobil bekas maupun baru.

Biasanya, pemohon kredit diharuskan untuk melaporkan fotokopi rekening dalam jangka 3 hingga 6 bulan terakhir. Syarat ini bisa jadi dokumen penunjang permohonan kredit khusus bagi kamu yang bukan berlatar belakang karyawan maupun profesional.

Pentingnya Menjaga History Transaksimu

Pengajuan kredit membutuhkan syarat history transaksi dalam bentuk rekening koran yang dicetak. Akan tetapi, penting bagi kamu untuk tetap waspada. Jangan  asal memberikan history transkasi kepada pihak manapun. Pasalnya, kamu bisa menjadi pihak yang dirugikan atas penyalahgunaan history transaksimu. Salah satu risikonya adalah bocornya informasi pribadimu.

History transaksi ini juga bisa dilihat melalui online seperti internet banking. Namun, jangan asal pula memberikan informasi ini kepada sembarang pihak. Jaga informasi pribadimu dan jangan diberikan kecuali untuk keperluan pengajuan kredit yang kredibel.

Cara Pengajuan Kredit yang Aman bagi Milenial

Kredit merupakan fasilitas yang diberikan berbagai pihak termasuk bank dan leasing. Lembaga ini memberikan kemudahan bagi kamu untuk mencapai impian lebih cepat di masa muda.

Pasalnya, tanpa memiliki uang ratusan juta, kamu bisa membeli mobil. Cukup bayarkan uang muka dan ajukan kreditmu. Namun, dalam proses ini jangan asal dalam memilih lembaga kredit. Hal ini penting lantaran tidak semua lembaga kredit bisa dipercayai. Sebagai informasi penting, inilah cara aman pengajuan kreditmu:

  • Miliki rekening yang sehat
    Buatlah rekening sehat sebelum pengajuan kredit. Pasalnya, pihak instansi pembiayaan  maupun bank akan menjadikannya sebagai acuan apakah kredit akan diterima atau ditolak. Rekening yang sehat ini artinya adalah ada pemasukan dan pengeluaran dalam rekening yang berimbang dan ada surplus aktif. Bisa jadi, pihak bank maupun leasing akan meminta data ini.
  • Jangan memberikan history transaksi sembarangan
    History transaksi baik dalam bentuk email maupun rekening koran jangan asal diberikan. Pastikan dulu kredibilitas tempat pengajuan kredit. Jika bukan lembaga resmi, maka jangan bocorkan data pribadi mu ini.
  • Pastikan kredit yang dipilih terpercaya
    Bagi kaum milenial yang melek informasi dan teknologi, tentu harus lebih jeli dalam memilih lembaga pembiayaan. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari berbagai risiko yang terjadi di kemudian hari. Selain kredibilitasnya, ketahui juga besaran bunga, macam-macam biayanya, besaran denda keterlambatan, dan juga berbagai promo yang mungkin diberikan. Beberapa informasi tersebut bisa jadi pertimbangan dalam pemilihan tempat kredit yang terpercaya.

Pengajuan kredit memang mudah dan cepat. Namun jangan asal memilih tempat pembiayaan, apalagi jika harus memberikan informasi pribadi termasuk histrory transaksinya. Pada kredit mobil bekas, mobil baru hingga kredit motor terpercaya, history transaksi ini akan berguna untuk melihat stabilitas keuangan mu.