call
Pilih Laman

Simak Tips #JagaNama Supaya Pengajuan Kredit Kamu Lancar

10 Juni 2021

Saat ini, proses kredit semakin mudah dan cepat dilakukan, termasuk juga kredit mobil. Namun sebelumnya, lakukan simulasi kredit mobil bekas maupun baru terlebih dahulu. Yang tidak kalah penting adalah #JagaNama supaya kreditmu dikabulkan dengan mudah.

Bagi kamu yang ingin mengajukan kredit mobil bekas maupun baru, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Miliki penghasilan tetap
    Ajukan kredit saat kamu memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Dari penghasilan inilah pihak bank maupun leasing akan mampu memperhitungkan kemampuan kreditmu.Setiap bank memiliki standar gaji minimum yang berbeda bagi calon nasabahnya. Ada yang yang mensyaratkan calon peminjam memiliki penghasilan 3 hingga 4 juta rupiah perbulannya.
  2. Sudah memakai fasilitas kredit sebelumnya
    Perlu kamu tahu bahwa pihak bank cenderung lebih mudah memberikan kredit mereka kepada calon debitur yang sebelumnya pernah menggunakan fasilitas kredit. Kenapa demikian? Alasannya adalah pihak bank akan lebih mudah mengecek rekam jejakmu dalam pengembalian kredit, apakah lancar atau tidak.
  3. Perhatikan selalu skor kreditmu
    Rekam jejakmu akan diukur pula dari skor kreditmu. Hal ini sering kali dilakukan dengan fasilitas Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK dari OJK. Skor ini akan dinilai berdasarkan kualitas kreditmu selama 12 bulan terakhir.
  4. Yang paling penting adalah jaga nama
    Maksudnya adalah jaga kredibilitas kreditmu. Hal ini akan sangat mempengaruhi apakah pengajuan kredit mobilmu akan bisa dikabulkan ataukah tidak. Beberapa langkah untuk bisa jaga nama serta kredibilitas kreditmu adalah dengan :
  • Bayar tagihan kredit tepat waktu
  • Jangan berbelanja melebihi kemampuan
  • Hindari pemindahan tagihan kartu kredit ke penerbit kartu kredit lain
  • Perbarui setiap perubahan alamat penagihan pinjaman

Itulah beberapa tips dalam pengajuan kredit mobil bagi kamu yang ingin dikabulkan dengan mudah dan cepat. Hal tersebut sangat penting karena kredit menjadi salah satu kebutuhan yang membantumu lebih cepat mapan dengan kendaraan impian.